Sejarah

SMA Negeri 1 Weleri didirikan pada tanggal 9 Oktober 1982 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0298/0/1982. Alamat sekolah di Jl. Bahari No.17 Weleri Kab. Kendal. Perkembangan SMA Negeri 1 Weleri pada awal didirikan banyak mengalami kendala dan hambatan dalam hal sarana dan prasarana yang merupakan unsur vital kelangsungan hidup sebuah Institusi Pendidikan. Bantuan atau droping alat-alat atau bahan pelajaran dari pemerintah serta dana pengelolaan dan pembiayaan rutin belum dapat diterima karena SMA Negeri 1 Weleri belum terdaftar dalam daftar isian proyek ( DIP ) namun kondisi tersebut tidak menghalangi usaha keras dan niat penyelenggara pendidikan SMA Negeri 1 Weleri karena semua komponen  sekolah dan hubungan masyarakat sekitar berperan dalam pembangunan SMA Negeri 1 Weleri.

Pada awal berdirinya SMA Negeri 1 Weleri hanya memiliki 3 kelas I dengan jumlah Siswa sebanyak 120 siswa. Pada tahun ajaran 2010 – 2011 SMA Negeri 1 Weleri memiliki 3 kelas Pararel terdiri dari 20 rombongan belajar dari jumlah siswa dengan jumlah sisiwa sebanyak 721 siswa.

Seiring dengan perkembangan SMA Negeri 1 Weleri Perpustakaan sebagai jantung pendidikan pun terus berbenah diri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekolah  yang meliputi siswa,guru, dan karyawan akan informasi. Sesuai dengan fungsi perpustakaan sebagai fungsi edukasi yaitu perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik. Maka perpustakaan SMA Negeri 1 Weleri terus meningkatkan pelayanannya. Hal ini dapat dilihat dari koleksi yang ada, system automasi yang digunakan, penambahan sarana dan prasarana perpustakaan demi kenyamanan pengguna, serta peningkatan SDM perpustakaan bahkan sejak tahun pelajaran  2006 – 2007 perpustakaan SMA Negeri 1 Weleri telah menempati gedung baru yang lebih reprentatif.