Mata Air Sekolah
+ Posted by Sabtu, 16 April 2022 | 03:09 WIB Comments (0)dilihat (5956)

SUMUR BOR SMA NEGERI 1 WELERI

Sumur merupakan lubang atau liang kontruksi yang dibuat kedalam tanah yang fungsinya digunakan sebagai sumber air yang berada di dalam tanah untuk memenuhi kebutuhan. Selain memperoleh air, sumur juga digunakan dengan tujuan memperoleh minyak, air garam, gas, maupun informasi mengenai keadaan tanah. Sumur bor adalah sumur yang dibuat dengan proses berupa pengeboran menggunakan sebuah mesin.

Sumur bor adalah tempat untuk memperoleh sumber air yang ada di SMA Negeri 1 Weleri. Air yang berasal dari sumur bor ini dimanfaatkan dengan cara dialirkan untuk memenuhi kebutuhan air. Kualitas air yang ada pada sumur air bor ini bersih jika dipakai secara terus menerus. Apabila air sumur bor ini tidak digunakan, maka sumur bor ini akan mengalami penyumbatan dan kualitas air ini menurun menjadi keruh karena adanya pasir atau tanah yang tercampur dalam air tersebut. Sumur bor di SMA Negeri 1 Weleri tidak pernah mengalami kekeringan tapi beberapa kali mengalami penyumbatan. Untuk menghindari penyumbatan tersebut pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) air sumur akan dialirkan selama 1 jam. Di SMA Negeri 1 Weleri terdapat 3 sumur bor yang kedalamanya adalah 4 meter dan untuk kedalaman airnya yaitu 6 meter.

Sumur bor sebagai sebuah sumber mata air yang gratis. Air sumur ini tidak memakan biaya karena berasal dari air yang terdapat di dalam tanah sebagai sumber mata air. Biaya yang dikeluarkan untuk sumur bor ini hanyalah biaya pada proses perbuatannya. Setelah sumur bor tersebut jadi maka air yang diperoleh tidak memerlukan lagi biaya dengan jumlah yang besar untuk mendapatkannya seperti biaya bulanan membayar air. Dengan begitu kebutuhan dalam memperoleh air juga akan terpenuhi. Ada berbagai macam kebutuhan air yang memanfaatkan air tanah seperti untuk wudu, mencuci tangan serta untuk mengisi bak air di dalam kamar mandi.

Sumur bor merupakan sumur yang dibuat dengan menggunakan mesin. Sumur bor ini digunakan untuk diambil airnya. Air tersebut kemudian dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari pada lingkungan sekitar. Penggunaan air tersebut antara lainnya, digunakan untuk cuci tangan, mengisi bak-bak air di kamar mandi, untuk wudhu dan juga menyiram tanaman yang ada pada taman. Air yang ada pada sumur ini diambil dengan penggunaan mesin canggih yang lalu dialirkan menggunakan pipa-pipa pada kran tempat pengambilan air. Sumur bor ini memiliki cara kerja yang efektif sehingga proses pencarian sumber mata air lebih cepat.

Air yang berada dalam sumur merupakan air yang diperoleh secara alami melalui sumber air yang berada di tanah. Air tersebut digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Kebersihan sumur bor perlu dijaga agar air yang digunakan tetap bersih. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan air sumur ini adalah dengan memperhatikan kondisi di sekitar sumur. Pada musim hujan, beberapa air pada sumur bor akan keruh atau kotor. Oleh karena itu, perlu adanya upaya atau tindakan untuk melindungi air yang ada di dalam sumur. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat tempat penatap atau atap buatan di atas sumur tersebut agar air hujan tidak masuk ke sumur tersebut.

Komentar (0)


Komentar