Finalis Asal SMA N 1 Weleri Juara Duta Wisata Kendal

Sonia Rosaline dari SMAN 1 Weleri dan Bachtiar Maulana dari Singorojo, dinobatkan sebagai Sinok dan Sinang, Duta Wisata (Duwis) Kendal 2016. Keduanya terpilih setelah melalui serangkaian acara seleksi, dengan puncaknya pada Grand Final di Alun-alun Kendal, Sabtu malam (10/9).

Pasangan tersebut selanjutnya akan mewakili Kendal, maju pada Pemilihan Duwis Jawa Tengah 2016, yang rencananya akan digelar di Solo.

Acara Grand Final diikuti 15 pasang finalis, diawali perkenalan tiap peserta di atas panggung. Di hadapan dewan juri dan penonton. Setiap peserta hanya menyebutkan nama, umur, dan perwakilan dari mana, dengan kreasi masing-masing. Selanjutnya dewan juri memilih 10 pasang peserta, guna menyampaikan promosi tentang salah satu wisata di Kabupaten Kendal. Dari hal tersebut, diambil enam pasang terbaik untuk meraih Juara 1, 2, dan 3, serta Juara harapan 1, 2, dan 3.

Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kendal, Mardi Edy Susilo, mengatakan, dalam persiapan pemilihan Duwis Jateng, pihaknya akan mengadakan pembekalan kepada pemenang dari Kendal, seperti kursus Bahasa Inggris dan kepribadian. Ini juga akan diikuti Juara dua dan Juara tiga.

“Peserta yang akan maju ke tingkat Jateng kan Juara satu, namun jika juara satu tiba-tiba tidak bisa ikut, maka juara dua atau juara tiga yang akan menggantikannya. Sehingga Juara dua dan tiga, ikut kami persiapkan juga,” ujarnya.

Terpisah, dalam sambutannya, Bupati Kendal, Mirna Annisa, yang dibacakan Kepala Disbudpar, Agus Rifai, mengungkapkan bahwa tugas Duwis yakni mempromosikan potensi dan daya tarik pariwisata yang ada di Kabupaten Kendal sebagai ikon pariwisata.

“Duwis bukan sekedar menunjukkan kelebihan fisik atau lahiriah semata, melainkan lebih ditujukan kepada potensi duta wisata positif, dalam mengenal dan mencintai budaya daerahnya sendiri. Duwis harus mampu merubah pola pikir, menjadikan pribadi mandiri serta bermitra dengan semua elemen, dalam mempromosikan wisata di Kabupaten Kendal ke depan. Kami ingin Duwis terpilih, memiliki kemampuan yang mewakili cerminan dan mampu memberikan dampak positif bagi kelangsungan kepariwisataan di Kendal,” ucapnya.

Dikatakan, Kabupaten Kendal kaya akan potensi objek wisata dan daya tarik yang luar biasa bagus, baik wisata alam, religi, seni budaya, maupun kuliner. Sehingga dapat dijadikan ikon daerah tujuan wisata (destinasi wisata). Namun dalam pembangunan dan memasarkan tempat wisata yang ada, belumlah optimal.

“Untuk itu kepada para pelaku, kelompok wisata dan semua pihak di Kendal, untuk terus berbenah diri, bersatu padu dan bersama-sama dalam memajukan kepariwisataan di Kabupaten Kendal. Sehingga perlu terobosan atau inovasi baru dalam mengembangkan potensi daya tarik wisata,” imbuhnya. (yog)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *